Revolusi Handphone Hingga Smartphone Android Saat Ini

Berbicara tentang smartphone saat ini tidak ada habisnya, bahkan dalam satu bulan bisa sampai 2 atau 3 produsen smartphone yang merilis smartphone dengan model yang terbaru. Namun smartphone saat ini tidak akan tercipta kalau tidak ada zaman handphone yang dahulu sangat digemari yaitu zaman handphone legendaris yaitu Nokia dan Sony saat itu sangat menguasai pasar handphone.

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Saat itu mungkin kamu ingat bahwa dominasi handphone menggunakan sistem operasi berbasi Java dan juga berbasi Symbian yang memang bisa memberikan inovasi interface yang sangat keren. Yang sangat saya ingat adalah pada masa handphon symbian mulai dari Nokia 6600, N-Gage, sampai handphone yang sering disebut handphone ketupat yaitu Nokia 7610 dan juga yang paling keren yaitu Nokia N70 yang paling banyak diminati juga pada masa itu.
Namun kejayaan handphone tersebut mulai surut seingat saya dimulai pada tahun 2013 atau 4 tahun yang lalu sistem operasi Android mulai banyak digunakan. Sistem operasi Android diciptakan oleh Andy Rubin yang pada saat itu sistem operasi tersebut di maksudkan untuk digunakan pada kamera digita, namun karena melihat pasar penggunaan untuk itu tidak terlalu besar maka diputuskan untuk digunakan pada sistem operasi pada smartphone untuk menyaingi ketenaran sistem operasi symbian dan windows pada waktu itu.

Namun founder Android yaitu Andy Rubin seperti kehabisan dana untuk menggarap proyek Android ini, maka dari itu pada tahun 2005 Android mulai diakuisi oleh Google. Dan ini dimaksudkan Google pada saat itu untuk mulai merambah dunia smartphone. Google pada saat itu harus bersaing berat dengan Blackberry dan juga Iphone yang memang sudah merajai inovasi smartphone pada saat itu.

Diketahui pada tahun 2007 perusahaan Google mulai mengajukan beberapa aplikasi paten dibidang telphone celular. Dan pada bulan November 2007 produsen seperti HTC, Samsung, Sony mulain mengembangkan smartphone berbasis kernel linux yang waktu itu resmi dirilis untuk pertama kalinya. Dan produsen pertama kali yang meluncurkan smartphone berbasis Android ini adalah HTC Dream pada oktober 2008 tentu saja dengan berbagai kekurangan disana sini, tidak seperti sekarang sudah mulai stabil dan full performa.

Dimulai pada 2008 itulah Android terus dikembangkan dan memperbaiki bug disana sini, dan terus merilis setiap versi android tersebut dengan bekal nama Makanan maupun Gula-gula seperti rilil Android 1.5 yang diberi nama "Capcake" dan versi 1.6 yang diberi nama "Donut" yang dirilis pada tahun 2010.

Namun diindonesia sendiri saya ingat pada waktu itu sistem operasi berbasis baru mulai disukai pada tahun 2013 yang waktu itu masih masuk versi Ice Cream Sandwich yang mulai mampun menggeser ketenaran Smartphone Blackberry dan Windows Phone waktu itu. Dan Android team tidak berhenti sampai situ saja, terus memperbaharui versi dari Android tersebut hingga akhirnya lebih stabil pada versi Kitkat yang membawa berbagai pembaharuan dan produsen seperti samsung berinovasi untuk menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android yang dilengkapi  dengan Antar muka Touchwitch.

Nah begitulah revolusi smartphone juga di ikuti oleh perkembangan sistem operasi yang menjalankan device tersebut. Dan kini Smartphone dengan sistem operasi Android sangat digemari dikalangan masyarakat karena memang dengan harga yang sangat murah dijual oleh produsen smartphone dengan berbagai tools tambahan didalam sistem operasi tersebut. Yang sering mendapat perhatian adalah inovasi Design dan Software yang dikembangkan oleh Produsen Samsung.